Pembelajaran radiografi digital organ reproduksi ayam domestik melalui aplikasi Picture Archiving and Communication System

Abstract

Radiografi adalah alat diagnostik yang umum digunakan dalam praktik kedokteran hewan dan saat ini telah berkembang dengan adanya fitur Picture Archiving and Communication System (PACS). Sistem PAC merupakan sistem komputasi inter-dan intra-institusi yang mengelola akuisisi, transmisi, penyimpanan, distribusi, tampilan, dan interpretasi dari citra medis untuk memudahkan radiologis dalam berdiskusi dalam peneguhan diagnosa berdasarkan citra diagnostik radiografi. Tulisan ini memberikan gambaran sistem PAC dalam pembelajaran pencitraan radiografi digital dengan model organ reproduksi ayam bagi mahasiswa. Mahasiswa melakukan pengambilan gambar organ reproduksi ayam jantan dan betina, selanjutnya citra digital diunggah kedalam sistem PAC dari Instalasi Radiologi di Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP). Pembacaan citra radiografi digital selanjutnya dibaca melalui telefon pintar masing-masing di Unit Rehabilitasi Reproduksi yang berlokasi jauh dari RSHP. Citra organ reproduksi ayam jantan dan betina pada sudut pandang lateral tampak berada dicaudo-dorsal dari paru-paru, sisi kranial ginjal dengan sedikit superimposed yang berada didaerah dorsal. Sudut pandang ventro dorsal sulit ditentukan organ reproduksi karena superimposed dengan organ abdominal seperti ampela, hati, dan usus. Opasitas ovarium yang berbentuk bulat maupun testikel yang berbentuk lonjong tampak sebagai siluet masa yang lebih radioopak. Sistem PAC ini memudahkan proses pembelajaran radiologi bagi mahasiswa maupun kolega dokter hewan dalam mendiskusikan citra radiografi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Palgrave K. 2012. Radiography in veterinary practice–a review and update. Veterinary Nursing Journal. 27(2):51-55.

Costanza D, Coluccia P, Castiello E, Greco A, Meomartino L. 2022. Description of a low‐cost picture archiving and communication system based on network‐attached storage. Veterinary Radiology & Ultrasound. 63:249-253.

Mansoori B, Erhard KK, Sunshine JL. 2012. Picture Archiving and Communication System (PACS) implementation, integration & benefits in an integrated health system. Academic Radiology. 19(2):229-235.

Setyawan NH, Supriatna Y. 2016. Implementasi Picture Archiving and Communication System (PACS) dan Radiology Information System (RIS) di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Jurnal Radiologi Indonesia. 1(4):260-274.

Hanna TN, Steenburg SD, Rosenkrantz AB, Pyatt Jr RS, Duszak Jr R, Friedberg EB. 2020. Emerging challenges and opportunities in the evolution of teleradiology. American Journal of Roent-genology. 215(6):1411-1416.

Hanna AL, Logsdon ML, Mattoon JS. 2021. Radiographic Evaluation of Normal and Common Diseases. Backyard Poultry Medicine and Surgery: A Guide for Veterinary Practitioners. 16:173-191.

Published
2022-08-15
How to Cite
UlumM. F. (2022). Pembelajaran radiografi digital organ reproduksi ayam domestik melalui aplikasi Picture Archiving and Communication System. ARSHI Veterinary Letters, 6(3), 53-54. https://doi.org/10.29244/avl.6.3.53-54