Penerapan Sistem Budikdamber di Pekarangan Rumah Masyarakat Desa Jayagiri untuk Peningkatan Ketahanan Pangan Keluarga

  • Neneng Hasanah IPB Universuty
  • Tegar Subagja Hidayatulloh
  • Muammar Maulana Hadid
  • I'lma Fadillah Nur Anisa Gunawan
  • Dias Lestriana
  • Astiani Susanto
  • Muhammad Alifka Rahmat
  • Reni Fadhilah
  • Nida Adilah
  • Qisthina Hanifati
  • Fransiscus Prihandisha Triandi
Keywords: akuaponik, budikdamber, ketahanan pangan, pekarangan, pengabdian

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan pada beberapa sektor, yaitu sektor kesehatan, sosial, dan ekonomi. Meskipun demikian, kebutuhan harian masyarakat harus tetap terpenuhi dan terorganisir dengan baik. Melalui pemanfaatan lahan terbatas, pekarangan rumah merupakan salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan tambahan masyarakat. Namun, berdasarkan hasil kajian Badan Litbang Pertanian, pemanfaatan lahan tersebut belum mencapai sasaran yang diharapkan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan alternatif solusi berupa pembuatan budikdamber, yaitu budidaya ikan dalam ember dengan pengembangan teknik atau metode akuaponik (polikultur ikan dan sayuran), yaitu ikan dan tanaman dapat tumbuh dalam satu wadah guna peningkatan kesejahteraan masyarakat. Metode penerapan inovasi dilakukan dengan cara memberikan edukasi kepada petani mandiri yang berada di wilayah RT 04 RW 08, Desa Jayagiri, melalui beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya adalah tahapan persiapan, sosialisasi, kegiatan praktik langsung dengan tahapan berupa pre-treatment air, pembuatan budikdamber, pendampingan, dan evaluasi hasil. Hasil penerapan budikdamber yang dilakukan oleh enam keluarga di RT 04, Desa Jayagiri, menunjukkan bahwa kangkung yang ditanam berhasil tumbuh dan sebagian besar lele yang dirawat berhasil hidup. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa pembuatan budikdamber ini sangat bermanfaat untuk ketahanan pangan keluarga berkelanjutan serta sistem ini tidak membutuhkan modal yang cukup besar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni N. 2021. Pandemi COVID-19: dampak kesehatan, ekonomi, dan sosial. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembagan dan IPTEK. 17(1): 17-34.

Ashari, Saptana, Purwantini TB. 2012. Potensi dan prospek pemanfaatan lahan pekarangan untuk mendukung ketahanan pangan. Forum Penelitian Agro Ekonomi. 30(1): 13-30.

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2020. Kecamatan Lembang dalam angka2020. Jakarta (ID): Badan Pusat Statistik.

Febri SP, Alham F, Afriani A. 2019. Pelatihan budikdamber (budidaya ikan dalam ember) di Desa Terban Kecamatan Karang Baru Kabaupaten Aceh Tamiang. Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe. 3(1):112-117.

Gustiano R, Prakoso VA, Iswanto B, Radona D, Kusmini II, Ath-thar MHF. 2020. Biodiversitas, Status, dan Tren Budi Daya Ikan Lele. Bogor (ID): IPB Press.

Irfayanti D, Ningsih PW. 2020. Kemandirian pangan dengan pembuatan budikdamber (budidaya ikan dalam ember) di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat. 1(4): 350-355.

Ma’ruf I. 2016. Budidaya lele sistem bioflok solusi ketahanan pangan masyarakat perkotaan. Societa. 5(2): 82-86.

Puspitasari D. 2017. Efektivitas suplemen herbal terhadap pertumbuhan dan kululushidupan benih ikan lele (Clarias sp.). Jurnal Ilman. 5(1): 53-59.

Saputro WA, Fidayani Y. 2020. Faktor-faktor yang mempengaruhi ketahanan pangan rumah tangga petani di Kabupaten Klaten. Jurnal Agribisnis Sumatera Utara.13(2): 115-123.

Setiyaningsih D, Bahar H, Iswan, Al-Masudi RAA. 2020. Penerapan sistem budikamber dan akuaponik sebagai strategi dalam memperkuat ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19. Pada: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 2020 Universitas Muhammadiyah Jakarta, 7 Oktober 2020.

Solihin E, Sandrawati A, Kurniawan W. 2018. Pemanfaatan pekarangan rumah untuk budidaya sayuran sebagai penyedia gizi sehat keluarga. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 2(8): 1-2.

Suryana AAH, Dewanti LP, Andhikawati A. 2021. Penyuluhan budidaya ikan dalam ember (budikdamber) di Desa Sukapura Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Farmers: Journal of Community Services. 2(1): 47-51.

Suryanti S, Umami A, Firmansyah R, Widyasaputra R. 2020. Pemberdayaan pertanian organik dengan model hidroganik budikdamber di era pandemi Covid-19 di Kabupaten Bantul Provinsi DIY. Jurnal Agro Dedikasi Masyarakat (JADM). 1(2): 44-50.

[UU] Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan.

Wahidah I, Septiadi MA, Rafqie MCA, Hartono NFS, Athallah R. 2020. Pandemik Covid-19: analisis perencanaan pemerintah dan masyarakat dalam berbagai upaya pencegahan. Jurnal Manajemen dan Organisasi (JMO). 11(3): 179-188.

[WHO] World Health Organization. 2020. Coronavirus disease (COVID-19) (Issue October).

Wijaya O, Rahardja BS, Prayogo. 2014. Pengaruh padat tebar ikan lele terhadap laju pertumbuhan dan survival rate pada sistem akuaponik. Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan. 6(1): 55–58.

Published
2022-10-31