Strategy for Improving Kesyahbandaran Operational Performance at Nusantara Fisheries Port (PPN) Pengambengan, Bali

Strategi Peningkatan Kinerja Operasional Kesyahbandaran di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan, Bali

  • Wisnu Kawirian universitas udayana
  • I Wayan Restu Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • I Ketut Wija Negara Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • Abdul Razak Kesyahbandaran Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan, Bali, Indonesia.
Keywords: performance, pengambengan, strategy, swot

Abstract

Sebagai Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, PPN Pengambengan mempunyai tugas salah satunya dalam hal keamanan dan keselamatan kapal Perikanan. Dalam hal ini yang mempunyai tugas dan wewenang adalah Syahbandar di Pelabuhan Perikanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui SOP (Standar Operasional Prosedur) dari seksi Kesyahbandaran dan melakukan analisis terhadap peningkatan kinerja operasional Kesyahbandaran di PPN Pengambengan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2020, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif, serta analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 16 tugas pokok dan fungsi Kesyahbandaran dalam pelaksanaan tugasnya dimana 11 diantaranya  yang sudah berjalan dan 5 yang belum berjalan. Dari hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa strategi yang dapat diterapkan di Kesyahbandaran PPN Pengambengan adalah strategi WO yaitu dengan meminimalkan kelemahan dan memanfaatkan peluang. Strategi tersebut meliputi pengembangan lahan baru di PPN Pengambengan, pengadaan Menara pengawas dan pemasangan CCTV di area pelabuhan, bekerjasama dengan instansi terkait tentang operasional dan perawatan docking kapal, serta pengerukan kolam labuh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliani T, Nugroho H, 2016. Persepsi Nelayan Dan Petugas Pelabuhan Terhadap Uji Coba Penggunaan Electronic Logbook Perikanan. Jurnal Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. 6(1): 1-13

Bayyinah A. 2016. Kinerja Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kejawan Cirebon dan Pengembangannya [Tesis]. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

David, F. R. (2010). Manajemen Strategi : Konsep. Jakarta: Salemba Empat edisi 12.

Haryono, Setiono BA. 2013. Sistem Operasional Pelayanan Pemanduan Terhadap Keselamatan Kapal di PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak Surabaya. Jurnal Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga. 5(2): 131-135.

Julia P.S. 2014. Pengawasan Syahbandar dalam upaya Mewujudkan Keselamatan, Keamanan, dan Ketertiban Penumpang di Pelabuhan Tembilahan. Jurnal FISIP. 1(2): 1-15.

Kesyahbandaran Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan, 2019.

Laporan Tahunan PPN Pengambengan. 2017. Kabupaten Jembrana. Negara.

Lubis, E. 2011. Kajian Peran Strategis Pelabuhan Perikanan Terhadap Pengembangan Perikanan Laut. Akuatik Jurnal Sumberdaya Perairan. 5(2): 1-7.

Marimin, 2004. Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Jakarta (ID): PTGramedia Eidiarsarana Indonesia

Mulyana R. 2011. Hubungan Aktivitas Pendaratan dan Pelelangan Terhadap Kebutuhan Fasilitas dan Kondisi Kualitas Hasil Tangkapan Armada Tradisional di PPS Nichzam Zachman [Skripsi]. Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Noval D. 2020. Penerbitan Surat Persetujuan Berlayar Kapal Perikanan Pada Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Banggai. Jurnal Yustiabel Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Luwuk. 4(1): 1-13.

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia nomor PER.03/MEN/2013 tentang Kesyahbandaran di Pelabuhan Perikanan.

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia nomor PER.08/MEN/2012 tentang Kepelabuhan Perikanan.

Petrus, P., La O.L.O., Nurdiana A. 2017. Peranan Pengelolaan Syahbandar Dalam Bisnis Perikanan Terhadap Penerimaan Negara Bukan Pajak di Pelabuhan Perikanan Samudra Kendari. Jurnal Ekonomi Perikanan FPIK UHO. 2(2): 90-102.

Puspitasari, N., R. Irnawati, A. Susanto. 2013. Strategi Pengembangan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Karangantu Kota Serang Provinsi Banten. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan. 2(2): 159-169.

Rangkuti, F. 2014. Analisis SWOT tenik membelah kasus bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Riduwan. 2005. Skala Pengukuran Variable Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Roma, Y.F.H., Lin S., Tri W.N. 2017. Peran Pelabuhan Perikanan Samudra Nizam Zachman Dalam Mendukung Industri Tuna. Journal of Marine Fisheries. 8(2): 187-198.

Sinaga, G.V., Abdul R., Bambang A.W. 2013. Optimalisasi Tingkat Pemanfaatan Fasilitas Dasar dan Fungsional di Pelabuhan Perikanan Samudra NizamZachman Jakarta Dalam Menunjang Penangkapan Ikan. Journal of Fisheries Utilization Management and Tenchnology. 2(1): 43-55.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto, 2013. Analisis Pengelolaan Pelabuhan Perikanan Berwawasan Lingkungan di Perikanan Samudra Nizam Zachman Jakarta. Jurnal Ilmu Lingkungan. 7(2):159-179.

Published
2020-12-20
How to Cite
KawirianW., RestuI. W., NegaraI. K. W., & RazakA. (2020). Strategy for Improving Kesyahbandaran Operational Performance at Nusantara Fisheries Port (PPN) Pengambengan, Bali : Strategi Peningkatan Kinerja Operasional Kesyahbandaran di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan, Bali. Journal of Tropical Fisheries Management, 4(2), 49-58. https://doi.org/10.29244/jppt.v4i2.33381