Jurnal Sosial Terapan https://jai.ipb.ac.id/index.php/jstrsv <p align="justify">JURNAL SOSIAL TERAPAN : menerbitkan artikel di bidang sosial terapan seperti sosial ekonomi, hukum, akuntansi, ekowisata, agribisnis, komunikasi dan manajemen. JSTR diterbitkan oleh Sekolah Vokasi, IPB University (SV-IPB). JSTR pertama kali dibuat pada tahun 2022 dengan terbitan dua kali dalam satu tahun. Editor menerima artikel penelitian empiris dan telaah di bidang sosial terapan.</p> <p>Redaksi menerima hasil tertulis dari penelitian ilmiah, baik berupa penelitian empiris dalam bidang yang berkaitan dengan Sosial Terapan. Redaksi dapat merevisi makalah tanpa mengubah substansi dan isi setelah melalui proses <em>blind review</em>. Artikel yang dikirimkan oleh penulis harus merupakan naskah asli dan tidak sedang dalam proses penerbitan oleh jurnal atau penerbit lain.</p> en-US jstrsvipb@gmail.com (Dahri) jstrsvipb@gmail.com (Dahri) Thu, 13 Apr 2023 00:00:00 +0700 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Strategi Pemasaran Dengan Memanfaatkan Sosial Media Pada Perusahaan Ikifarm Hidroponik, Kabupaten Bogor https://jai.ipb.ac.id/index.php/jstrsv/article/view/45700 <p><em>IkiFarm Hydropnics is a company engaged in the cultivation of hidroponik plants by producing vegetable products. There is a problem that the company produces a higher amount of production compared to the amount of product sales. Over supply has an impact on the condition of vegetables for too long on planting or past the harvest period, resulting in a decrease in the quality of vegetables, making it difficult to get consumers, which will harm the company.&nbsp; So there is a need for a new market so that vegetables sell well and increase revenue for the company.&nbsp; The purpose of this study is to formulate a marketing strategy to increase revenue at the IKIFarm Hydroponic company supported by analysis of nonfinancial aspects and financial aspects.&nbsp; The data used in this study are primary data and secondary data. Primary data were obtained through direct interviews with management and expert respondents. The results of the research provide an overview of IKIFarm Hydroponic's business conditions in the form of market expansion by optimizing the company's Instagram social media for consumers in Jabodetabek.&nbsp; Based on the financial aspect of using an income statement with the resulting profit of Rp 155,945,355 and the R/C Ratio increased to 1.48. Meanwhile, the non-financial aspect uses market and marketing aspects, production aspects, management and organizational aspects, human resources aspects, and collaboration aspects are said to be feasible. Marketing strategies implemented by utilizing digital marketing can absorb the market and have an impact on maximizing marketing, reducing the accumulation of vegetables that are not sold well and increasing revenue for the company</em></p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>IkiFarm Hydroponik merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang budidaya tanaman hidroponik dengan menghasilkan produk sayuran. Terdapat permasalahan bahwa perusahaan menghasilkan jumlah produksi lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah penjualan produk. Over supply berdampak pada kondisi sayuran terlalu lama pada penanaman atau melewati masa panen maka mengakibatkan penurunan kualitas sayuran hal tersebut membuat sulitnya mendapatkan konsumen sehingga akan merugikan perusahaan. Maka perlu adanya pasar baru agar sayuran laku terjual serta meningkatkan pendapatan bagi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah merumuskan strategi pemasaran untuk meningkatkan pendapatan pada perusahaan IKIFarm Hidroponik dengan didukung analisis aspek nonfinansial dan aspek finansial. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan pihak manajemen dan responden ahli. Hasil penelitan memberikan gambaran tentang kondisi bisnis IKIFarm Hidroponik berupa perluasan pasar dengan melakukan optimalisasi sosial media instagram perusahaan untuk konsumen yang berada di Jabodetabek. Berdasarkan aspek finansial&nbsp; menggunakan laporan laba rugi dengan keuntungan yang dihasilkan adalah Rp 155.945.355 dan R/C Ratio meningkat menjadi 1,48. Sedangkan aspek non finansial menggunakan aspek pasar dan pemasaran, aspek produksi, aspek manajemen dan organisasi, aspek sumberdaya manusia,dan aspek kolaborasi dikatakan layak. Strategi pemasaran yang diterapkan dengan memamnfaatkan digital marketing dapat menyerap pasar dan berdampak pada memaksimalkan pemasaran, mengurangi penumpukan sayuran yang tudak laku terjual serta menambah pendapatan bagi perusahaan.</p> Ayutyas Sayekti, Meiriskha Eka Putri, Muhammad Nauval Makarim Copyright (c) 2023 Jurnal Sosial Terapan https://jai.ipb.ac.id/index.php/jstrsv/article/view/45700 Thu, 13 Apr 2023 00:00:00 +0700 Motivasi Pengunjung Terhadap Pengembangan Wisata Budaya Di Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten https://jai.ipb.ac.id/index.php/jstrsv/article/view/46144 <p><em>South Tangerang City is a buffer city for Jakarta which is the capital of the Republic of Indonesia. It has the potential to become a tourist destination for Jakarta residents. One of the tourism potentials owned by South Tangerang City is cultural tourism, but now it is rarely in demand by tourists. This tourist destination needs to be revived and one of the basics that can be used as a reference is tourists' motivation toward cultural tourism. This study aims to determine the artistic tourism potential of South Tangerang City, tourist motivation, and its relationship with the motivation and ages of tourists, which can be used as a reference in the development of cultural tourism. The data analysis used in this study is a descriptive and inductive analysis using a Likert scale, standard deviation, Pearson Chi-Square, and regression analysis. The results of the study show that there are currently 10 destinations that can be developed for cultural tourism resources in the study area. The results also show that the motivation that most influence tourists to visit is physical. The factors of motivation are significantly correlated with age, are: trekking, shopping for local products, and gaining recognition from others.</em></p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Kota Tangerang Selatan adalah merupakan kota penyangga Jakarta yang merupakan ibukota negara Republik Indonesia. Sebagai kota penyangga Kota Tangerang Selatan sangat potensil untuk menjadi destinasi wisata bagi warga Jakarta. Salah satu potensi wisata yang dimiliki Kota Tangerang selatan adalah wisata budaya, namun sekarang sudah jarang diminati oleh wisatawan. Destinasi wisata ini perlu dibangkitkan kembali dan salah satu dasar yang dapat dijadikan acuan adalah motivasi wisatawan terhadap wisata budaya. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui potensi wisata budaya, motivasi pengunjung dan hubungannya dengan minat serta umur wisatawan yang dapat dijadikan sebagai salah satu acuan dalam pengembangan wisata budaya. Analisis Data Analisis data yang digunakan dpenelitian ini yaitu analisis data deskriptif dan induktif yang menggunakan skala likert, standar deviasi, <em>Pearson Chi-Square</em> dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi sumberdaya wisata budaya di kota Tangerang Selatan yang dapat dikembangkan saat ini sebanyak 10 destinasi. Hasil analisis penelitian ini juga menunjukkan bahwa motivasi yang paling mempengaruhi wisatawan untuk berkunjung adalah motivasi fisik. Faktor dari motivasi yang berkorelasi nyata dengan umur yaitu: trekking, berbelanja produk lokal dan untuk memperoleh pengakuan orang lain.</p> Melewanto Patabang, Syifa Ainun Nabila, Hardjanto, Asdar Iswati Copyright (c) 2023 Jurnal Sosial Terapan https://jai.ipb.ac.id/index.php/jstrsv/article/view/46144 Thu, 13 Apr 2023 00:00:00 +0700 Potensi Pengembangan Konsep Agro Science and Technology Park (STP) menggunakan Analisis SWOT di Arjasari, Kabupaten Bandung https://jai.ipb.ac.id/index.php/jstrsv/article/view/46168 <p><em>Science parks have been emerged and developed in the United States of America to linked the gap between research sectors and industry. For few decades ago, Science and Technology Park (STP) have been developing rapidly in most of countries in Asia. In 1976 Indonesia have established their very first Science and Technology Park. Science and Technology Park in Indonesia became one of government strategy to stimulate innovation based on local resources. Bandung Regency is one of the regions in Indonesia that depend on their agriculture activities. Arjasari Area is one of sub district in Bandung Regency, where most of the area is a rural area that famous from its Clove, Coconut and Coffee plantation. Besides that, Arjasari have many agricultural activities such as Agriculture Wetlands, Dryland farming, Horticultural Agriculture, Clove, Coconut, Coffee Plantation, Production Forest and Middle Industrial Area. Bandung Regency Municipalities have a plan strategy to encourage rural area with tourism. Developing an agriculture science and technology is one of the strategies to boosting an innovation in agricultural sector while promoting the local product of this area. This research is qualitative research using SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) Anlaysis. SWOT Analysis is used to describe the potential innovation and potential problems that may occurs in the future. Bandung Regency nowadays still lack of innovation in agriculture sector. Human Resources skill and competency of Bandung Regency’s local community also still need to be empowering to improve. This lacking of human resources skill needs to be improved widely from many sectors. On the other hand, Bandung regency have a much potential on agricultural sector.</em></p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p><em>Science Parks </em>atau Taman Sains telah muncul dan dikembangkan di Amerika Serikat untuk menghubungkan kesenjangan antara sektor penelitian dan industri. <em>Science and Technology Park</em> (STP) telah berkembang pesat di sebagian besar negara di Asia. Pada tahun 1976 Indonesia telah mendirikan taman sains dan teknologi pertama mereka. Taman IPTEK di Indonesia menjadi salah satu strategi pemerintah untuk mendorong inovasi berbasis sumber daya lokal. Kabupaten Bandung merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menggantungkan hidupnya pada kegiatan pertanian. Kawasan Arjasari merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung yang sebagian besar wilayahnya merupakan kawasan pedesaan yang terkenal dengan perkebunan Cengkeh, Kelapa dan Kopi. Selain itu Arjasari memiliki banyak kegiatan pertanian seperti Pertanian Lahan Basah, Pertanian Lahan Kering, Pertanian Hortikultura, Cengkeh, Kelapa, Perkebunan Kopi, Hutan Produksi dan Kawasan Industri Menengah. Kabupaten Bandung memiliki rencana untuk mendorong kawasan pedesaan melalui pariwisata. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian merupakan salah satu strategi untuk mendorong inovasi di bidang pertanian sekaligus mempromosikan produk lokal daerah ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan Analisis SWOT <em>(Strength, Weakness, Opportunity, Threat</em>). Analisis SWOT digunakan untuk menggambarkan potensi inovasi dan potensi masalah yang mungkin terjadi di masa depan. Kabupaten Bandung saat ini masih minim inovasi di bidang pertanian. Keterampilan dan kompetensi Sumber Daya Manusia masyarakat Kabupaten Bandung juga masih perlu diberdayakan untuk ditingkatkan. Kurangnya keterampilan sumber daya manusia ini perlu ditingkatkan secara luas dari berbagai sektor. Di sisi lain, Kabupaten Bandung memiliki banyak potensi di sektor pertanian.</p> Natasha Indah Rahmani, Kania Sofiantina Rahayu, Dyah Prabandari Copyright (c) 2023 Jurnal Sosial Terapan https://jai.ipb.ac.id/index.php/jstrsv/article/view/46168 Thu, 13 Apr 2023 00:00:00 +0700 Strategi Kampanye Public Relations Dalam Membangun Kesadaran Tentang Kesehatan Seksual (Studi Kasus: “Hotel For Play”) https://jai.ipb.ac.id/index.php/jstrsv/article/view/46221 <p><em>The importance of public awareness of sexual and reproductive health is often underestimated. This is because some Indonesian people still consider that discussion on sexual health is taboo. In fact, the lack of awareness of sexual health can lead to unplanned pregnancies and transmission of sexually transmitted diseases. This research is conducted to analyze the implementation of the “Hotel For Play” public relations campaign in building awareness sexual health awareness. All data used in this study come from reliable documents, including reputable news articles, journal articles, social media content relevant to the campaign, and company websites. The results showed that this campaign was carried out through special events themed as educational exhibitions and alliances with Tiktok creators and also sexual health practitioners. Information disseminated by Tiktok creators and journalists also create audience interest in participating in this campaign.</em></p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Pentingnya kesadaran masyarakat tentang kesehatan seksual dan reproduksi masih sering disepelekan. Sebagian masyarakat Indonesia masih menganggap bahwa kesehatan seksual merupakan hal yang tabu untuk diperbincangkan. Padahal, kurangnya kesadaran kesehatan seksual dapat berkontribusi pada kehamilan yang tidak direncanakan dan penularan penyakit menular seksual. Penelitian kualitatif ini dilakukan untuk menganalisa implementasi kampanye <em>public relations</em> “Hotel For Play” dalam membangun kesadaran tentang kesehatan seksual. Seluruh data yang digunakan pada penelitian ini berasal dari dokumen yang terpercaya, di antaranya artikel berita bereputasi, artikel jurnal, konten media sosial yang relevan dengan kampanye, dan website perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye ini dilakukan dengan acara khusus bertema pameran edukatif dan aliansi bersama kreator Tiktok serta praktisi kesehatan seksual. Informasi yang disebarkan oleh para kreator Tiktok dan wartawan juga membantu menciptakan ketertarikan serta minat audiens untuk berpartisipasi pada kampanye ini. Dalam satu bulan, kampanye edukasi seksual ini berhasil mendatangkan 30 ribu audiens pameran berusia minimal 17 tahun; menjangkau 13 juta penonton di Tiktok; dan menghasilkan 500 konten di media sosial Instagram.</p> Mohammad Shihab Copyright (c) 2023 Jurnal Sosial Terapan https://jai.ipb.ac.id/index.php/jstrsv/article/view/46221 Thu, 13 Apr 2023 00:00:00 +0700 Analisis Bibliometrik Trend Penelitian Komunikasi Krisis Public Relations di Indonesia https://jai.ipb.ac.id/index.php/jstrsv/article/view/46175 <p><em>This research aims to analyze the development of research on crisis communication in public relations, classify it based on trends, and identify potential variables for future research. This study uses a literature review method or bibliometric analysis approachThe research started with defining the keywords "crisis communication in public relations" and "articles" using the Publish or Perish application with Google Scholar as the database. Within the range of 2018-2023, 235 relevant research articles were found on the theme and analyzed using VOSViewer. The results of the study show the development trend of public relations crisis communication research which always examines companies that are experiencing a crisis and its resolution, especially during the Covid-19 pandemic.</em></p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis bagaimana perkembangan penelitian tentang komunikasi krisis <em>public &nbsp;&nbsp;relations</em> untuk kemudian diklasifikasikan berdasarkan trendnya serta untuk mengetahui apa saja topik yang dapat menjadi variabel pada penelitian dimasa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode literature review atau tinjauan pustaka yang menggunakan pendekatan analisis bibliometrik. &nbsp;Penelitian dimulai dari pendefinisian kata kunci “komunikasi krisis public relations” dan “artikel” pada aplikasi Publish or perish dengan google scholar sebagai database. Dalam rentang tahun 2018-2023 ditemukan 235 artikel penelitian yang relevan dengan tema dan dianalisis menggunakan VOSViewers. Hasil penelitian menunjukan perkembangan trend penelitian komunikasi krisis public relations yang selalu mengkaji perusahaan-perusahaan yang sedang mengalami krisis dan penyelesaiannya khususnya pada masa pandemi Covid-19.</p> Vivien Febri Astuti, Abung Supama Wijaya, Bayu Suriaatmaja Suwanda, Willy Bachtiar Copyright (c) 2023 Jurnal Sosial Terapan https://jai.ipb.ac.id/index.php/jstrsv/article/view/46175 Thu, 13 Apr 2023 00:00:00 +0700 Transformasi Budaya Permainan Tradisional Ke Game Online Pada Remaja Di Desa Wonosari Kabupaten Jember https://jai.ipb.ac.id/index.php/jstrsv/article/view/46440 <p><em>The rapid development of technology has contributed to influencing various aspects of life, one of which is culture in society. The game is one aspect of culture that has also experienced a change from the previous traditional game to an online game. Online games have become widely used since the pandemic hit in 2020. This has led to the change in social interaction that was formerly patembayan, to become individualism. This study aims to reveal the transition of game culture change in adolescents. This research was carried out using a qualitative approach and the research method used was ethnography in Wonosari Village, Jember Regency, East Java Province. Data collection was carried out through interviews and observations with adolescents in Wonosari Village using purposive sampling as the target of this study. The results of the study show that in the transition process starting from the invitation of friends and small habits it is what makes addiction and results in cultural change. Then this cultural change also produces a domino effect with changes in social interaction in adolescents.</em></p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Perkembangan teknologi yang semakin pesat turut andil dalam memengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan, salah satunya kebudayaan pada masyarakat. Permainan merupakan salah satu aspek dalam kebudayaan juga turut mengalami perubahan dari sebelumnya permainan tradisional menjadi <em>Game Online</em>. <em>Game Online</em> menjadi marak digunakan sejak pandemic melanda pada 2020 silam. Hal ini, membuat ikut berubahnya interaksi sosial yang sebelumnya patembayan, menjadi individualism. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap transisi perubahan kebudayaan permainan pada remaja. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode riset yang digunakan ialah etnografi di Desa Wonosari, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi dengan remaja di Desa Wonosari secara purposive sampling sebagai sasaran penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses transisinya dimulai dari ajakan teman dan kebiasaan kecil tersebutlah yang menjadikan kecanduan dan menghasilkan perubahan kebudayaan. Kemudian, perubahan kebudayaan ini juga turut menghasilkan efek domino dengan adanya perubahan interaksi sosial pada remaja</p> Anik Fitri Wismawati, Annisa Dini Kamila, Putri Amalia Febrianti, Riska Fitriyah Copyright (c) 2023 Jurnal Sosial Terapan https://jai.ipb.ac.id/index.php/jstrsv/article/view/46440 Thu, 13 Apr 2023 00:00:00 +0700 Analisis Kinerja Saham dan Rasio Keuangan Pada Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) https://jai.ipb.ac.id/index.php/jstrsv/article/view/46266 <p><em>Analysis of the selection of stocks to invest can be seen by measuring stock performance based on stock returns and risks that will be borne by investors. Beside of</em><em> stock performance, investors also pay attention to the company's financial performance by calculating the company's financial ratios. This study aims to determine the stock performance and financial ratios of the JAPFA Comfeed Indonesia (Tbk) company. The analytical method in this study uses secondary data in the form of stock price data and company financial reports. The results of the study show that returns for the August 2022 period produce better returns. Meanwhile, September 2022 experienced a drastic decrease from the previous year so that it experienced a loss. The average risk value for August</em><em> 2022 is 1.87% and September </em><em>2022 is 1.40%. Macro analysis can be seen that the company still imports raw materials by 30%, so the company is more consistent in managing finances, controlling cash wisely, and focusing on increasing efficiency and profitability. The results of the analysis in this study indicate that JAPFA's financial ratios can be categorized as quite good.</em></p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Analisis pemilihan saham untuk berinvestasi dapat dilihat dengan melakukan pengukuran kinerja saham berdasarkan <em>return</em> saham dan risiko yang akan ditanggung oleh investor. Selain kinerja saham, investor juga memperhatikan kinerja keuangan perusahaan dengan menghitung rasio keuangan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kinerja saham dan rasio keuangan perusahaan pada JAPFA Comfeed Indonesia (Tbk). Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari data harga saham dan laporan keuangan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan <em>return</em> untuk periode bulan Agustus tahun 2022 menghasilkan <em>return</em> yang lebih baik. Sedangkan, bulan September 2022 mengalami penurunan drastis dari tahun sebelumnya sehingga mengalami <em>loss</em>. Nilai rata-rata risiko Agustus 2022 1,87% dan September 2022 1,40%. Analisis makro dapat dilihat perusahaan masih impor bahan baku sebesar 30%, maka perusahaan lebih konsisten dalam mengelola keuangan, mengendalikan kas dengan bijaksana, serta fokus dalam peningkatan efisiensi dan profitabilitas. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa rasio keuangan Perusahaan JAPFA dapat dikategorikan cukup baik.</p> Rizki Akbarianto Binas Samudra, Daud Syah Habibi, Asty Khairi Inayah Syahwani, Lesia Fatma Ginoga, Resti Jayeng Ramadhanti Copyright (c) 2023 Jurnal Sosial Terapan https://jai.ipb.ac.id/index.php/jstrsv/article/view/46266 Thu, 13 Apr 2023 00:00:00 +0700 Pengembangan Masyarakat Program Holistik Pembinaan dan Pengembangan Desa (PHP2D) pada Kelompok Rukuntani di Desa Bantarsari https://jai.ipb.ac.id/index.php/jstrsv/article/view/46317 <p><em>One of the community development methods is Participatory Rural Appraisal (PRA) with various techniques that strive for community development to be carried out according to the needs of the community. The Participatory Rural Appraisal (PRA) method uses the basic concept of community involvement in all activities by emphasizing community participation. The Ministry of Education of the Republic of Indonesia encourages educational institutions to carry out Free Learning Campus Merdeka (MBKM) activities, as a learning platform for students as well as a space for implementing the tri dharma of higher education, especially in the context of community service. This paper intends to analyze the implementation of the Independent Campus Learning (MBKM) activities through the Holistic Village Development and Development Program (PHP2D) in Bantarsari Village. The community development activities carried out by PHP2D consisted of several stages: identification of potentials and problems, formulation of action plans, follow-up (surveys, outreach, preparation of facilities and infrastructure, training on honey bee cultivation), evaluation and follow-up of the program at the Rukun Tani Group. Observations on the community development program conducted by PHP2D show that this activity has not been fully implemented in the spirit of community development. The activities carried out tend to be top down and are in the form of knowledge transfer without any organizing of community development subjects. The activities carried out showed that there was no direct participation by the Rukun Tani group so that the collectivity of the Rukun Tani groups did not appear for the Bantarsari Village PHP2D program and the program's sustainability was not implemented.</em></p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Salah satu metode pengembangan masyarakat adalah <em>Participatory Rural Appraisal </em>(PRA) dengan berbagai teknik yang mengupayakan agar pengembangan masyarakat yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan komunitas. Metode <em>Participatory Rural Appraisal </em>(PRA) menggunakan konsep dasar keterlibatan masyarakat pada keseluruhan kegiatan dengan memberikan tekanan pada partisipasi oleh masyarakat. Kementerian Pendidikan Republik Indonesia mendorong institusi pendidikan melaksanakan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), sebagai wadah pembelajaran bagi mahasiswa sekaligus ruang bagi pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, terutama dalam konteks pengabdian masyarakat. Tulisan ini bermaksud menganalisis pelaksanaan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui Program Holistik Pembinaan dan Pengembangan Desa (PHP2D) di Desa Bantarsari. Kegiatan pengembangan masyarakat yang dilakukan oleh PHP2D terdiri dari beberapa tahapan: identifikasi potensi dan masalah, perumusan rencana aksi, tindak lanjut (survei, sosialisasi, persiapan sarana dan prasarana, pelatihan budi daya lebah madu), evaluasi dan tindak lanjut program pada Kelompok Rukun Tani. Hasil observasi terhadap program pengembangan masyarakat yang dilakukan oleh PHP2D menunjukkan bahwa kegiatan ini belum sepenuhnya dijalankan dengan semangat pengembangan masyarakat. Kegiatan yang dilakukan cenderung <em>top down </em>dan berupa transfer pengetahuan tanpa ada pengorganisasian subjek pengembangan masyarakat. Aktivitas yang dilakukan menunjukkan tidak adanya partisipasi langsung oleh kelompok Rukun tani sehingga tidak muncul kolektivitas kelompok Rukun tani terhadap program PHP2D Desa Bantarsari dan tidak terlaksananya keberlanjutan program.</p> <p>&nbsp;</p> Qorirah Iftinani, Widya Hasian Situmeang, Leonard Dharmawan Copyright (c) 2023 Jurnal Sosial Terapan https://jai.ipb.ac.id/index.php/jstrsv/article/view/46317 Thu, 13 Apr 2023 00:00:00 +0700