Pemberdayaan KWT Ayu Tangkas pada Program Pengembangan Desa Mitra Mandiri Pangan

  • Ni Putu Sukanteri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Suryana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Yenny Verawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Diah Yuniti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Abstract

Desa Megati terletak di Kecamatan Selemadeg Barat Kabupaten Tabanan.  Posisi desa ini sangat strategis karena berada pada jalur nasional Denpasar Gilimanuk sekitar 90 km dari Denpasar.  Posisi yang strategis ini dapat dijadikan potensi pengembangan desa mandiri pangan berbasis sumber daya alam yaitu desa yang mengelola produk-produk lokal menjadi bahan yang siap konsumsi dan dipasarkan. Melalui pembinaan kelompok-kelompok rumah tangga dengan pemberdayaan  industri rumah tangga (IRT).  Gerapekan Pengembangan Pangan (Gerbang Pangan) yang memiliki filosofi mengangkat produk lokal desa menjadi produk unggulan untuk dapat bersaing secara loka, nasional maupun global.  KWT diharapkan mampu mengawal produk-produk lokal desa menjadi tuan rumah di desa sendiri maupun menjadi primadona secara lebih luas, dengan harapan mampu mengangkat taraf hidup kelompok khusunya dan taraf hidup masyarakat desa secara umum.  tujuan dari kegiatan ini adalah:Untuk membina dan mendampingi desa Megati menuju Desa Mandiri Pangan, Melakukan pelatihan dan pendampingan kelompok industri rumah tangga secara intensif sampai menghasilkan produk yang siap jual dan memiliki kualitas bagus. metode pendekatan sepertiParticipatory Research Action (PAR) yang merupakan suatu pendekatan partisipatif, melakukan semua kegiatan secara bersama dengan masyarakat sasaran. Pendekatan alih teknologi guna memberikan inovasi-inovasi baru dalam hal teknologi tepat guna yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sasaran. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan pengabdian pada KWT Ayu Tangkas dilaksanakan di Desa Megati Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan telah berjalan sebesar 100% dengan capaian sebesar 100% pada mitra KWT Ayu Tangkas. Kegiatan pada KWT Ayu Tangkas meliputi sosialisasi dan pelatihan pengolahan pangan yang dihasilkan dari hasil pertanian di Desa Megatidengan berbagai varian kue lokal dan nasional ,pelatihan penataan manajemen dan administrasi kelompok.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah R. 2018. Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Berbasis Aspek Modal Sosial. Kebijakan Dan Manajemen Publik. 1(1): 1‒15.

Aji OR, Pratiwi A. 2017. Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) Annaba’ Dalam Diversifikasi Olahan Lidah Buaya Di Desa Ambarketawang Kabupaten Sleman. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(2): 401‒404. https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.325

Chambers R. 1994. Participatory Rural Appraisal (Pra): Analysis Of Experience. World Development. 22(9): 1253‒1259. https://doi.org/10.1016/0305-750X(94)90003-5

Ervinawati V, Fatmawati, Indri LE. 2015. Peranan Kelompok Wanita Tani Perdesaan Dalam Menunjang Pendapatan Keluarga di Dusun Beringin Desa Sungai Rengas Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Tesis PMIS-UNTAN-PSS-2015. 1(1): 1‒7.

Handayani SM, Sundari MT. 2016. Pemberdayaan Wanita Tani Melalui Pembuatan Keripik Belut Daun Singkong Di Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar. Jurnal Dianmas. 5(1): 23‒34.

Hidayat MR. 2015. Kajian Pola Pertanian Dan Upaya Konservasi Di Dataran Tinggi Dieng Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo. [Thesis]. Semarang (ID): Universitas Negeri Semarang.

Mustangin, Kusniawati D, Islami NP, Setyaningrum B, Prasetyawati E. 2017. Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Program Desa Wisata Di Desa Bumiaji. Sosioglobal : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi. 2(1): 58‒72. https://doi.org/10.24198/jsg.v2i1.15282

Narayanasamy N. 2008. Participatory Rural Appraisal: Principles, Methods And Application. India (IN): SAGE Publications Pvt. Ltd.

Sidqotie C, Saftarina F. 2020. Perbedaan Pengetahuan Antara Sebelum dan Sesudah Pelatihan Mengenai Pentingnya Antenatal Care pada Kader Posyandu Desa Gunungtiga, Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Jurnal Majority Medical Journal of Lampung University. 9(1): 8‒11.

Widarta IWR, Wiadnyani AAIS, Puspawati NN. 2016. Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Ubi Jalar Ungu Di Desa Bukian, Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar Melalui Ipteks Tepat Guna. Buletin Udayana Mengabdi. 15(2): 168‒178.

Published
2021-03-23