PENGEMBANGAN MODEL BISNIS PRODUK DODOL RUMPUT LAUT (Euchema cottonii)
Abstract
ABSTRAK
Dodol rumput laut merupakan salah satu jenis camilan tradisional rumput laut yang sehat. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh profil produk dodol rumput laut, mendapatkan model bisnis terbaik untuk usaha produk dodol rumput laut dan merancang pengembangan bisnis produk dodol rumput laut. Pada pengembangan profil produk dilakukan pembuatan dodol, uji kesukaan panelis, identifikasi nutrisi produk dan desain kemasan. Pengembangan model bisnis dilakukan dengan metode test the problem, test the solution dan verifikasi model bisnis. Pada pengembangan bisnis dodol rumput laut dilakukan dengan menganalisis kebutuhan pasar dan perhitungan HPP produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk model bisnis terbaik pada value proposition adalah produk yang mengandung serat rumput laut, membantu memperlancar pencernaan, memiliki rasa enak, unik dan kenyal, tersedia dalam berbagai varian rasa dan ukuran kemasan. Pada customer segment adalah pembeli online, seluruh wilayah Jabodetabek, anak-anak (indirect consumer), wanita karir dan reseller. Selanjutnya pada revenue stream terbaik adalah penjualan langsung produk dan program reseller dan dropshipper.
Kata kunci : model bisnis, rumput laut, dodol rumput laut