PENGEMBANGAN MODEL BISNIS PRODUK DODOL RUMPUT LAUT (Euchema cottonii)

  • Indah Yuliasih dan Fahmi Tri Wendrawan (E-Jurnal Agro-Industri Indonesia)

Abstract

ABSTRAK

Dodol rumput laut merupakan salah satu jenis camilan tradisional rumput laut yang sehat. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh profil produk dodol rumput laut, mendapatkan model bisnis terbaik untuk usaha produk dodol rumput laut dan merancang pengembangan bisnis produk dodol rumput laut. Pada  pengembangan  profil  produk  dilakukan  pembuatan  dodol,  uji  kesukaan  panelis, identifikasi nutrisi produk dan desain kemasan. Pengembangan model bisnis dilakukan dengan metode test the  problem,  test  the  solution  dan  verifikasi  model  bisnis.  Pada  pengembangan  bisnis  dodol  rumput  laut dilakukan dengan menganalisis kebutuhan pasar dan perhitungan HPP produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk model bisnis terbaik pada value proposition adalah produk yang mengandung serat rumput laut, membantu memperlancar pencernaan, memiliki rasa enak, unik dan kenyal, tersedia dalam berbagai varian rasa dan ukuran kemasan. Pada customer segment adalah pembeli online, seluruh wilayah Jabodetabek, anak-anak (indirect  consumer),  wanita  karir  dan  reseller.  Selanjutnya  pada  revenue  stream  terbaik  adalah  penjualan langsung produk dan program reseller dan dropshipper.

 

Kata kunci : model bisnis, rumput laut, dodol rumput laut

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-03-24