MANE’E: INDIGENOUS CORAL REEF FISHERIES MANAGEMENT IN NANUSA ISLANDS, NORTH SULAWESI

  • Emil Reppie
  • Ivor L. Labaro
  • A. T.R. Telleng

Abstract

Mane’e adalah salah satu bentuk pengelolaan tradisional tentang perikanan karang yang masih dipegang teguh oleh masyarakat di Kepulauan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud, Propinsi Sulawesi Utara. Mane’e mengandung arti pernyataan kesepakatan dari masyarakat setempat untuk mempersiapkan alat tangkap ikan dan pengoperasiannya secara bersama-sama pada waktu dan lokasi tertentu. Mane’e itu sendiri sangat terikat dengan hukum adat yang di sebut Eha’, yaitu larangan bagi semua orang untuk tidak mengeksploitasi sumberdaya alam pada suatu periode waktu tertentu (biasanya melalui penutupan daerah dan musim penangkapan ikan); kemudian tidak mengijinkan siapapun untuk memasuki pantai dan perairan terumbu karangnya selama satu tahun. Eha’ ditetapkan oleh lembaga adat lokal bersama-sama dengan pemerintah setempat dan lembaga keagamaan.
Alat tangkap ikan secara tradisional terbuat dari tumbuhan perambat (seperti akar) yang banyak tumbuh di hutan Kepulauan Nanusa, yang disambung-sambung membentuk tali sepanjang 3000 – 5000 m; dimana pada setiap jarak 10 cm diikatkan janur daun kelapa. Alat tangkap dipasang melingkar pada rataan terumbu yang merupakan lokasi mane’e, dengan kapal kayu pada pagi hari saat pasang tinggi. Para penyelam dengan jarak tertentu mengikuti tali dan menggiring gerombolan ikan perlahan-lahan ke pusat lagoon ketika air sedang bergerak surut. Hasil tangkapan umumnya terdiri dari ikan-ikan karang.
Beberapa petanyaan penting yang muncul dari penelitian ini dan perlu jawaban pada kegiatan penelitian berikutnya adalah: Mengapa sejumlah besar ikan-ikan karang dapat ditangkap dengan mudah hanya dengan menggunaka tali yang terbuat dari tumbuhan perambat? Taxis apa yang menuntun ikan-ikan berkumpul dan tidak meloloskan diri? Faktor-faktor lingkungan apa saja yang mempengaruhinya?

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Emil Reppie
FPIK Unsrat, Manado
Ivor L. Labaro
FPIK Unsrat, Manado
A. T.R. Telleng
FPIK Unsrat, Manado
Published
2012-03-02