Manajemen Panen dan Pasca Panen Edible Flower di Cidadap, Kota Bandung

  • Muhammad Reza Zakie Program Studi Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB University)
  • Diny Dinarti Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor, (IPB University)
  • Agus Purwito Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB University)

Abstract

Kegiatan penelitian telah dilaksanakan di Kecamatan Cidadap, Kota Bandung dari 27 Januari hingga 25 Mei 2019. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah mengetahui permasalahan panen dan pasca panen edible flower di perusahaan dan dapat menemukan cara penanganan pasca panen yang baik. Edible flower memerlukan aspek pasca panen yang tepat agar tetap terjaga kesegaran dan penampilan bunga hingga sampai di tangan konsumen. Aspek teknis yang dilakukan adalah pemasangan instalasi NFT, pembuatan media tanam, persemaian, penanaman, pemeliharaan, panen, dan pasca panen. Aspek yang dipelajari bagian pengemasan akhir edible flower. Pengujian daya simpan pada tiga jenis edible flower Pansy (Viola x wittrockiana), Viola (Viola tricolor), dan Dianthus (Dianthus caryophillus) pada suhu 10 ℃ dan 20 ℃. Ketiga jenis bunga ini dapat mempertahankan kualitas hingga tujuh hari di penyimpanan suhu 10 ℃ hari dibanding dengan suhu 20 ℃ yang hanya bertahan hingga hari ketiga setelah panen.

Kata kunci : hidroponik NFT, kualitas edible flowers, penyimpanan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-20
How to Cite
ZakieM. R., DinartiD., & PurwitoA. (2023). Manajemen Panen dan Pasca Panen Edible Flower di Cidadap, Kota Bandung. Buletin Agrohorti, 11(1), 79-87. https://doi.org/10.29244/agrob.v11i1.46577