Pengaruh Pemberian Cendawan Mikoriza Arbuskula (CMA) dan Dosis Pupuk Kandang Ayam terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Jagung (Zea mays L.)

  • Rani Farida IPB
  • M.A. Chozin

Abstract

Pemberian VAM dan dosis pupuk kandang ayam telah diteliti terhadap pertumbuhan dan produksi jagung menggunakan rancangan split plot dengan  rancangan lingkungan rancangan kelompok lengkap teracak. Faktor pertama sebagai petak utama adalah VAM (tanpa VAM dan dengan VAM) dan faktor kedua sebagai anak petak adalah dosis pupuk kandang ayam (0, 5, 10, 15, dan 20 ton ha-1). Dosis pupuk kandang ayam 0 ton ha-1 digunakan untuk menentukan 100% pupuk anorganik dan dosis lain dari pupuk kandang ayam digunakan untuk menentukan 50% dari pupuk anorganik. Secara statistik, penerapan VAM tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan dan produksi jagung. Penggunaan VAM memberikan tinggi tanaman lebih tinggi dari tinggi tanaman tanpa menggunakan VAM pada 9 minggu setelah tanam. Beberapa perlakuan dengan VAM menunjukkan pertumbuhan dan produksi yang lebih tinggi dibandingkan tanpa VAM.  Pemberian dosis pupuk kandang ayam menunjukkan pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan dan produksi jagung. Dosis pupuk kandang ayam memberikan respon linear pada tinggi tanaman saat 9 minggu setelah tanam dan jagung berbiji.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-12-12
How to Cite
FaridaR., & ChozinM. (2015). Pengaruh Pemberian Cendawan Mikoriza Arbuskula (CMA) dan Dosis Pupuk Kandang Ayam terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Jagung (Zea mays L.). Buletin Agrohorti, 3(3), 323-329. https://doi.org/10.29244/agrob.v3i3.15808