<b>VARIABILITY OF NORMALIZED DIFFERENCE VEGETATION INDICES IN SUMATRA AND ITS RELATION TO CLIMATE ANOMALIES</b>(KERAGAMAN INDEKS VEGETASI DI SUMATERA DAN HUBUNGANNYA DENGAN ANOMALI IKLIM)

Erna Sri Adiningsih, Kustiyo .

Abstract

Indeks vegetasi yang diperoleh dari data NOAA-AVHRR sudah umum digunakan sebagai indikator kehijauan dan kekeringan vegetasi. Kondisi iklim global dan regional diatas Sumatera mempengaruhi indeks vegetasi di Sumatera. Penelitian ini bertujuan mempelajari keragaman indeks vegetasi terutama di Sumatra dan hubungannya dengan El Nino - Southern Oscillation (ENSO) dan Indian Ocean Dipole Mode Event (DME). LAC NDVI periode 1996-2002 digunakan untuk menganalisa koefisien keragaman dan analisis korelasi kanonik. Keragaman NDVI yang tinggi ditemukan di pantai timur, bagian selatan dan bagian utara Sumatera, sedangkan di bagian barat dan tengah keragamannya rendah. Secara keseluruhan, keragaman NDVI selama monsun barat lebih tinggi daripada periode monsun timur. ENSO dan DME mempangaruhi indeks vegetasi di Sumatera pada lag 0,4,dan 5 bulan (nyata pada taraf 5%). Kontribusi terbesar diberikan oleh variable kanonik lag 1 (R2=70.1%), sisa 29,9 % disebabkan oleh keragaman factor-faktor lainnya. Kerana korelasi dan signifikansi dari parameter iklim secara statistik tinggi, maka dapat digunakan sebagai prediktor NDVI di Sumatera. Diantara 6 time lag , parameter dengan lag 6 bulan mempunyai keragaman yang tertinggi. Namun, uji beda nyata menunjukkan bahwz korelasi kanonik pada lag 0,4,dan 5 yang mempunyai beda nyta tertinggi (pada taraf 95%). Struktur korelasi kanonik untuk parameter iklim pada lag 0 dan 1 didominasi oleh SOI dan anomaly SST. Sedangkan korelasi pada lag 2,5, dan 6 didominasi oleh SOI, anomaly SST, dan DMI. Berdasarkan hasil analisis tersebut, kami menyimpulkan bahwa analisis korelasi kanonik merupakan metode yang optimum untuk memprediksi NDVI di Sumatera pada lag 5 bulan menggunakan SOI, SSTA, dan DMI sebagai prediktor. Hasil ini menunjukkan bahwa parameter iklim dapat digunakan untuk memprediksi NDVI 5 bulan ke depan dengan baik di Sumatera.

Authors

Erna Sri Adiningsih
erna@gfm.com (Primary Contact)
Kustiyo .
AdiningsihE. S., & .K. (2005). <b>VARIABILITY OF NORMALIZED DIFFERENCE VEGETATION INDICES IN SUMATRA AND ITS RELATION TO CLIMATE ANOMALIES</b&gt;(KERAGAMAN INDEKS VEGETASI DI SUMATERA DAN HUBUNGANNYA DENGAN ANOMALI IKLIM). Agromet, 19(1), 21-38. https://doi.org/10.29244/j.agromet.19.1.21-38
Copyright and license info is not available

Article Details