IDENTIFICATION AND ANALYSES OF SHORT CHAIN FATTY ACIDS IN APPLE SEED PARTS DURING STRATIFICATION

  • Bambang S. Purwoko
  • Loyd E. Powell

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis perubahan kandungan asam lemak rantai pendek (ALRP) pada biji apel selama stratifikasi. Asam-asam heksanoat, oktanoat, nonanoat, dan dekanoat telah diidentifikasi dengan Gas-Kromatografi Mass- Spektrometri. Analisis rutin ALRP dengan Gas-Kromatografi menunjukkan bahwa kandungan ALRP tertinggi ditemukan pada membran nuselus. Konsentrasi ALRP pada kulit biji rendah dan setingkat dengan kandungan ALRP pada embrio.

Asam heksanoat merupakan ALRP terbanyak pada semua bagian biji padahal asam ini dianggap inhibitor yang lemah. Kandungan asam nonanoat dan dekanoat jauh lebih kecil dan biasanya kurang dari 10-4 M Gambaran umum perubahan ALRP selama stratifikasi adalah menurun atau konstan dan kandungannya kurang dari 10 -3 M, terlalu kecil untuk menjadi inhibitor yang signifikan dalam mekanisme dormansi. Penurunan ALRP terjadi pada suhu 5 °C dan 2 °C, padahal hanya perlakuan 5 °C yang dapat  memecahkan dormansi biji apel. Dari studi ini, dapat disimpulkan bahwa perubahan kandungan ALRP selama stratifikasi tidak mendukung hipotesis bahwa ALRP berperan dalam dormansi biji apel.

How to Cite
PurwokoB. S., & PowellL. E. (1). IDENTIFICATION AND ANALYSES OF SHORT CHAIN FATTY ACIDS IN APPLE SEED PARTS DURING STRATIFICATION. Jurnal Agronomi Indonesia (Indonesian Journal of Agronomy), 22(2). https://doi.org/10.24831/jai.v22i2.1643